Sabtu, 06 April 2013

Freedownload Lagu Mengheningkan Cipta




LAGU MENGHENINGKAN CIPTA


          Upacara bendera merupakan salah kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap hari Senin di lembaga pendidikan formal, termasuk sekolah dasar. Terdapat dua tujuan utama yang ingin dicapai melalui pelaksanakan kegiatan upacara tersebut. Tujuan pertama adalah untuk melatih kedisiplinan para peserta didik. Tujuan kedua adalah untuk meningkatkan jiwa nasionalisme dan patriotisme.
         Agar dapat menyelenggarakan upacara bendera yang khidmat, ada beberapa persyaratan yang harus dipersiapkan sebelum pelaksanaan upacara. Di antaranya adalah Bendera Merah Putih, teks perangkat upacara bendera, sound sistim, dan kesiapan para petugas upacara dan peserta upacara itu sendiri.
         Salah satu kegiatan penting untuk mengenang jasa para pahlawan bangsa dan negara dalam upacara bendera adalah adanya mengheningkan cipta. Pada kegiatan tersebut, seluruh peserta upacara diajak hening sejenak seraya berdoa kepada Tuhan YME agar senantiasa menerima amal sholeh dan memberi ampunan atas segala kekhilafan para pahlawan bangsa yang telah gugur. Hal ini sangat appropriate dengan pendapat Bung Karno, Presiden pertama Republik Indonesia tercinta yang mengatakan bahwa "Bangsa yang besar adalah bangsa yang mampu menghargai jasa para pahlawannya". 
          Untuk menambah suasana khidmat pada saat mengheningkan cipta, para petugas paduan suara akan menyanyikan lagu Mengheningkan Cipta. Lagu tersebut dinyanyikan dengan penuh penghayatan dipimpin seorang dirigen. Bahkan, pada lembaga yang telah maju, Lagu Mengheningkan Cipta dinyanyikan menggunakan iringan musik.
          Bagi bapak/ibu yang membutuhkan iringan musik Lagu Mengheningkan Cipta bisa download lagu tersebut di sini. Semoga bermanfaat!

1 komentar:

Silahkan beri komentar, saran, kritik, dan harapan yang konstruktif dengan bahasa yang sopan, baik, dan benar!