Minggu, 07 April 2013

materi pembinaan guru sd mapel bi tendik jatim




PEMBINAAN GURU SD MAPEL BAHASA INDONESIA
DI HOTEL UTAMI SIDOARJO
OLEH DISPENDIK JATIM
2-4 APRIL 2013



           Sekolah dasar (SD) merupakan jenjang pendidikan formal yang bertugas untuk menyelenggarakan pendidikan dasar sebagai prasyarat untuk melanjutkan ke dua jenjang pendidikan menengah. Jenjang pendidikan menengah yang pertama adalah sekolah menengah pertama (SMP). Sedangkan jenjang menengah yang kedua adalah sekolah menengah atas (SMA).
          Sebagai lembaga pendidikan formal, sekolah dasar wajib melakukan penilaian pendidikan sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Permendiknas Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Menurut Permendiknas tersebut penilaian pendidikan dilakukan oleh tiga komponen utama. Penilaian pertama dilakukan oleh pendidik. Hasil penilaian pendidik tersebut dicantumkan dalam Tes Hasil Belajar atau yang lebih popular disebut raport. Penilaian kedua dilakukan oleh instansi pendidikan (sekolah dasar). Penilaian ini dilakukan melalui pelaksanaan ujian sekolah (US). Sedangkan penilaian yang ketiga dilaksanakan oleh pemerintah nasional, yaitu melalui pelaksanaan ujian nasional (UN).
          Berdasarkan hasil pelaksanaan ujian nasional (UN) tingkat sekolah dasar diketahui bahwa dari tiga pelajaran utama, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA, nilai Bahasa Indonesia mendapat nilai rata-rata yang paling rendah. Hal ini cukup ironis bukan?
          Berangkat dari kenyataan tersebut, Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur melalui bidang Pendidik dan Tenaga Pendidik merasa perlu untuk melaksanakan pembinaan guru SD mapel Bahasa Indonesia.
          Akhirnya, pada tanggal 2 sampai dengan 4 tahun 2013, Dispendik Jawa Timur berhasil menyelenggarakan acara pembinaan guru SD mapel Bahasa Indonesia. Acara tersebut dilaksanakan di Hotel Utami, Sidoarjo. Peserta pembinaan berasal dari guru-guru SD se propinsi Jawa Timur. Sedangkan yang bertindak sebagai narasumber adalah dosen-dosen yang berkualitas dari Universitas Negeri Malang.
          Materi pembinaan yang disampaikan narasumber sangat berkualitas. Banyak hal-hal baru yang bisa didapatkan para peserta pembinaan. Di samping itu, pada acara tersebut juga disampaikan mengenai metode dan model pembelajaran yang cocok untuk diterapkan di sekolah dasar.          
          Bagi bapak/ibu yang penasaran dengan materi pembinaan dan ingin menambah khasanah ilmu pengetahuan yang berkaitan erat dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar bisa download materi pembinaan tersebut di bawah ini:

2 komentar:

  1. Saya sangat berterimakasih pd bpk yg tlah memberikan pencerahan pada semua guru di indonesia semoga kita semua sukses mencetak siswa yang bermutu ..... amin

    BalasHapus

Silahkan beri komentar, saran, kritik, dan harapan yang konstruktif dengan bahasa yang sopan, baik, dan benar!